Header Ads

Jasa Yang Tak Terbalas



Jasa Yang Tak Terbalas

Siapa sih yang tidak sayang  dengan orang tuanya? Adakah orang yang ingin melihat orang tuanya bersedih bahkan menderita? Tentu bagi orang yang berfikir tidak akan rela bilamana melihat orang tuanya bersedih dan menderita. Tidak akan bisa seorang anak membalas segala jasa kedua orang tuanya terlebih lagi seorang ibu. Berapapun harganya tidak akan sebanding dengan perjuangan kedua orang tua bagi anaknya. Seorang ayah yang tak kenal lelah mencari nafkah bagi keluarganya. Seorang ibu yang pertaruhkan nyawa demi mengandung dan melahirkan anaknya. Semua itu tidak akan terbalaskan kecuali dengan amal sholeh dan bakti seorang anak pada kedua orang tuanya. Sebagaimana kisah berikut ini.
Suatu ketika seorang anak diperintahkan oleh ibunya untuk membantu mengerjakan beberapa pekerjaan rumah. Lalu sang anak pun mengerjakan semua perintah ibunya dengan baik. Setelah itu, ia menghampiri ibunya dan memberikan secarik kertas padanya yang berisikan daftar pekerjaan yang telah ia selesaikan beserta rincian upah dari pekerjaannya. Buang sampah sepuluh ribu rupiah, menyapu lima ribu ruiah, mengepel 10 ribu rupiah, dan lain sebagainya. Tatkala membaca kertas tersebut, sang ibu pun terhenyak sesaat kemudian tersenyum kepada anaknya. Sang ibu pun menulis balasan untuknya dalam kertas tersebut. Ia menuliskan, mengandung, melahirkan, menyusui, merawat, memasak, semua itu gratis. Kemudian, sang anak pun berfikir sejenak dan merasa malu terhadap apa yang telah ia lakukan pada ibunya. Ia pun meminta maaf pada ibunya, lalu memeluknya.
Kisah sederhana ini memberi gambaran jelas bahwa perjuangan kedua orang tua tidak dapat sebanding dengan apapun. Maka dari itu, Allah juga memerintahkan kepada hambanya agar senantiasa berbuat baik pada kepada orang tua. Allah berfirman dalam Q.S Al-Israa: 23,
وَقَضَى رَبُّكَ أَلا تَعْبُدُوا إِلا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاهُمَا فَلا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلا كَرِيمًا
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”
Maka dari itu, perbanyaklah istigfar dan amal sholeh yang dapat memberatkan timbangan amal kebaikan kita, sehingga hal itu dapat menjadi penolong bagi kita beserta kedua orang tua di akhirat kelak. (Azmi Madaniyyah)

Tidak ada komentar