Header Ads

Ibu para Mujahid, -Khansa Radhiyallahu anha-

Ibu para mujahid, Khansa Radhiyallahu anha



Ia adalah seorang ibu, yang begitu kuat, tangguh dan penuh dengan kesabaran. Ketika masuk Islam, Khansa Radhiyallahu anha sangat memegang teguh tauhid dan juga rela berkorban demi agama Allah.



Kerelaan itu ia buktikan dengan membiarkan keempat anak-anaknya untuk berperang bersama pasukan Nabi. Sebelumnya Khansa berwasiat kepada anak-anaknya,



"Hai Putra-putraku, kalian semua memeluk Islam dengan suka rela dan berhijrah dengan senang hati. Demi Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia, sesungguhnya kalian adalah keturunan dari satu ayah dan satu ibu. Aku tidak pernah merendahkan kehormatan dan merubah garis keturunan kalian. Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan akhirat jauh lebih baik daripada kehidupan dunia yang fana.



Putra-putraku, sabarlah, tabahlah, bertahanlah, dan bertakwalah kepada Allah. Semoga kalian menjadi orang-orang yang beruntung. Jika kalian melihat gendering perang telah ditabuh dan apinya telah berkobar, maka terjunlah ke medan laga dan serbulah pusat kekuatan musuh, pasti kalian akan meraih kemenangan dan kemuliaan, di dalam kehidupan abadi dan kekal selama-lamanya”.



Dengan wasiat ibunda tersebut anak-anak Khansa begitu sangat membara semangatnya. Walaupun pada akhirnya anak-anak Khansa berguguran di jalan Allah satu persatu.



Namun, hal tersebut tidak membuat Khansa mencabik-cabik bajunya atau menampar pipinya. Justru ia merasa dimuliakan oleh Allah, karena keyakinannya pada Allah bahwasannya anak-anaknya syahid di medan peperangan. Dan dengan ketabahan Khansa, ia berharap Allah akan menyatukan ia dengan anak-anaknya kelak di Surga Nya.



Semoga kita semua para calon Ibu bisa menjadi Ibu para mujahid, dengan tak lupa untuk terus menuntut ilmu agar menjadi seorang Ibunda yang cerdas dan melahirkan calon-calon mujahid ataupun mujahidah.
Sumber : This is Gender
-Dinda Anissyafira-

Tidak ada komentar