Header Ads

Pentingnya sunnah

    Diantara hal penting yang layak diperhatikan oleh seorang muslim adalah pengamalan sunnah Rosulullah shalaullahualaihiwasallam dalam gerak-geriknya, ucapan dan perbuatannya, sehinggaa hidupnya betul-betul tertata berdasarkan sunnah Rasululllah shalulahualaihi wasalam secara totalitas, dari pagi hingga sore harinya.
    Dzu an-Nuun al-Misri menegaskan, "diantara ciri cinta terhadap Allah azza wa jala adalahmengikuti jejak rosulullah shalaullahhualaihi wa salam, dalam akhlak, perbuatan, perintah dam sunnah-sunnahnya.
Allah azza wa jala berfirman dalam
Yang artinya
" ... Katakanlah, jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni sdosa-dosamu', Allah Maha Pengampun laagi Maha Penyayang...." (QS:Ali-Imran :31)
Al-Hasan al-Bashri menyatakan, "tanda cinta terhadapAllah adalah dengan mereka mengikuti sunnah RosulNya"
Bahkan derajat seorang muslim bisa diukur dengan tingkat ityiba' kepada Rosulullah shalaullahu alaihi wa salam. Semakain banyak engkau menerapkan sunnah beliau, semakin tinggi dan semakin mulia kedudukannya di sisi Allah Ta'ala.
Coba amati, bila sebagian uang kita terjatuh, padti kita akan memperhatikannya, akan merasa murung dan berusaha keras untuk mencarinyahingga ketemu. Tapi coba liat, berapa tahun waktu kita terbuang, apakah kita masih merasa bersedih dan berusaha menerapkan kembali dalam realitas kehidupan kita sehari-hari?
Salah satu musibah yang kita alami dalam kehidupan kita adalah saat kita mengangungkan harta benda lebih dari pengangungan kita terhadap ajaran as-Sunah. Kalau kita katakan kepada kaum muslimin,"Barangsiapa yang menegakkan salah satubsunnah Nabi shalullahualaihi wa salam, maka ia akan mendapatkan uang sekian dan sekian,." pasti mereka akan giat menerapkan sunnah dalam kehidupan merekasecara  totaliyas, dari pagi hingga sore hari. Karna setiap kali melaksanakan sebuah sunnah,mereka pasti akan mendapatkan keuntungan sebuah uang. Namun apabila artinya uang bagi kita bila jasad kita sudah diletakan di dalam kubur dan ditimbun dengan tanah?
Allah Ta'ala berfirman yang artinya
"....tetapi kamu(orang-orang) kafir memilih kehidupan duniawi. Sedangkan kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal."
(QS. al-A'la: 16-17).
Yang dimaksudkan dengan kata sunnah dalambpembahasan ini adalah perbuatan yang pelakunya dijanjikan pahala dan orang yang meninggalkannya tidak diancaam siksa. Yakni sunnah yang dilakukan secara berulang-ulang siang dan malam, sunnah yang pasti bisa dilakukan oleh masing-masing diantara kita.
Orang yang secara konsekuen menjalankan as-Sunnah, akan mendapatkan beberapa manfaat berikut:
1. Memperoleh kecintaan, yakni cinta kasihAllah Ta'ala terhadap hambaNya yang beriman.
2. Menutupi kekurangan yang terjadi ada ibadah-ibadah wajib yang dilakukannya.
3. Dijaga oleh Allah Ta'ala, sehingga tidak terjerumus ke dalam bid'ah.
4. Melakukan perbuatan yang tetmasuk kategori pengangungan terhadap syiat-syiar agama Allah Ta'ala.
Ingatlah Allah Ta'ala dan ingatlah Allah Ta'ala, wahai umat islam, dalam mengerjkan sunnah Rasulmu. Hidupkanlah sunnah tersebut dalam realitas hidup kalian. Suapalagi kalau bikan kalian yang mampu melaksanakannya? Padahal melaksanakan  sunnah adalah indikasi cintasempurna terhadap Rosulullah shalaullahualaihi wa salam, ciri dari sikap mutaba'ah yang tulus terhadap ajaran beliau shalaullahualaihi wa salam. Muqoddimah buku saku "1001 Amalan Sunnah Dalam Sehari Semalam" karya: Khalid Al-Husain
 -Alifatun azizah-

Tidak ada komentar