Header Ads

Gubernur pertama Mekkah adalah seorang pemuda. Siapakah dia?
Itab bin Said, pemuda berumur 21 tahun yang ditunjuk langsung oleh Rasulullah sebagai Gubernur Kota Mekkah selama Rasulullah meninggalkan kota Mekkah menuju Hunain.
Pengangkatan itab bin usaid saat itu menjadi peristiwa yang spektakuler, karena saat itu tidak pernah ada seorang pemuda yang menjadi seorang pemimpin, apalagi di kota mekkah yang menjadi rumah Allah. Pengangkatan Itab bin Usaid murni karena kualifikasi yang layak karena ia seorang yang cerdas dan cakap. dan Rasulullah juga menjamin bahwa nilai-nilai dan hukum Islam betul-betul diselenggarakan dan diterapkan di kota Mekkah.
Dalam hal ini, Rasulullah begitu percaya dengan Itab bin Usaid, namun ketika pengangkatan Itab bin Usaid menjadi gubernur banyak kaum elite Mekkah yang menolak dan tidak terima, bagaimana mungkin, seorang pemuda diangkat menjadi gubernur disebuah kota. Terkesan mustahil dan tidak mungkin.
Untuk menanggapi kicauan dari kaum elite mekkah yang menolak jal ini, Rasulullah pun mengatakan “Tidak seorangpun dari kalian yang berhak menolak pemuda itab bin usaid,karena kehebatan dan keunggulan tidak bergantung kepada tua mudanya usia seseorang,Apa yang menjadi kriteria kehebatan dan manusia ialah spiritualitasnya’’
 Oleh karena itu tua mudanya usia seseorang tidak berpengaruh pada kemampuannya dalam menangani masyarakat dan negara. Asalkan ia mampu memenuhi kriteria dan kualifikasinya. Hal itu juga dapat membangkitkan semangat para pemuda lainnya untuk mengamanatkan tanggung jawab. Ketataatan kepada Allah menjadi kunci utama untuk menjadi seorang pemimpin yang layak, seperti Itab bin Usaid.
( DA )

Tidak ada komentar