Header Ads

Rahmia : Menggambar Boleh, Tapi Tetap Ingat Aturan Islam


Panitia Kajian Sunnah bernama MaaHaaDzaa mengadakan Workshop Design Poster Sesuai Syar'i (Ahad, 11/12/16) di Sekretariat MaaHaDzaa, Gracia Residence Graha Raya Bintaro Tangerang Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 23 peserta yang terdiri dari Siswa Smp, Mahasiswi dan Ummahat.



Sebelumnya, MaaHaaDza beberapa kali telah mengadakan worshop dan kajian sunnah rutin.
Namun design poster ini meruapakan workshop perdana yang diadakan MaaHaaDza.


Workshop dimulai pukul 09.00 WIB dengan menginstal software Adobe Ilusstrator dan pembagian materi kepada peserta. Pemateri workshop Rahmia menjelaskan materi dasar design poster menggunakan Adobe Ilustrator,


"Ada tiga prinsip dasar yang harus sering dilakukan oleh designer pemula yaitu prinsip ATM (amati, tiru, modifikasi). Jika prinsip ini ditekuni dengan baik, Insyaallah kita akan terbiasa untuk mendesign dengan ide kita sendiri," ujar Rahmia memulai penjelasan materi.

Sesuai dengan tema Workshop, selain mengenalkan softaware dan pengetahuan tentang poster, pemateri juga menjelaskan bebrapa hadits tentang pembuatan design yang syar'i tidak menentang peraturan islam dalam Qur'an maupun hadits.


Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya manusia yang paling keras siksaannya di sisi Allah pada hari kiamat adalah tukang penggambar.

"Hadits ini menjelaskan bahwa kita diperbolehkan untuk menggambar dengan batasan tidak menyerupai ciptaanNya dan seolah-olah gambar itu hidup. Namun untuk gambar-gambar lainnya yang tidak mengandung unsur ini maka diperbolehkan apalagi untuk sarana dakwah" Jelas perempuan lulusan S1 design tersebut.


Setelah pemberian materi, Rahmia mengajak peserta untuk praktek meniru satu hasil karyanya.
Teknik dasar menggunakan tools utama dilakukan agar peserta mengenal dan mampu mengembangkan kreasinya.


Antusias peserta terlihat dengan banyaknya bertanya dan terus mencoba meskipun berkali-kali mengalami kesulitan, gagal  dan mengulangnya lagi. Ibu Rena, seorang guru TK dari daerah Cinere terus berkutat dengan laptopnya di waktu peserta lainnya beristirahat.


 "Saya ingin pertemuan ini benar-benar mendapat output yang maksimal dan bisa saya terapkan di TK tempat saya mengajar untuk kemajuan pembelajaran anak-anak lewat poster-poster yang saya buat nanti," ujar Ibu Rena


Sebelum penutupan kegiatan pukul 17.15 WIB, para peserta meminta agar diadakan workshop lanjutan untuk memperdalam materi design.






Oleh : Mila Muflihat

Tidak ada komentar