Header Ads

Daurah Qur’an Keutamaan Para Penghafal Qur’an




Ahad, 20 november 2016 bertepatan pada 20 Shafar 1438 H, Kampus C STID Mohammad Natsir mengadakan acara Daurah Qur’an yang bertemakan “Keutamaan Para Penghafal Qur’an”. Yang diisi langsung oleh pemateri ahli dalam bidangnya, seorang hafidzah, memiliki sekian banyak rumah tahfidz di sekitar kawasan Jakarta, seorang ummi yang memberikan pendidikan perfect pada anak-anaknya dalam mewujudkan mimpi beliau mencetak generasi qur’ani. Dialah yang biasa disapa Ummi Irni Rahmawati Al-Hafidzah.
   
Sebelum acara berlangsung, bidang tahfidz kampus tersebut memberikan sedikit arahan dan motivasi terlebih dahulu kepada para mahasiswi agar serius dalam mempelajari al-qur’an, dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh apa yang nantinya akan disampaikan oleh pemateri.
     Pertama-tama pemateri mengawali daurah ini dengan menjelaskan bagaimana metode tilawah al-qur’an yang baik yakni dengan tidak tergesa-gesa. Kemudian barulah beliau menyampaikan mengenai apa saja keutaman-keutmaan seorang penghafal al-qur’an yang terdiri dari 18 keutamaan. Dari setiap penjelasan yang disampaikan beliau tambahkan kata-kata dari indah yang dikutip dari ayat al-qur’an itu sendiri ataupun hadits nabi SAW. Lalu, di akhir penyampaian beliau barulah beliau memberikan tips kunci sukses menjadi penghafal al-qur’an, salah satu berbagi kisah perjalanan hidup beliau mewujudkan mimpi menjadi seorang hafidzah. 
Sebelum acara ditutup beliau berkeinginan kuat untuk menyambungkan tali silaturahim Antara para mahasiswi dan para akhwat yang sedang belajar al-qur’an di rumah tahfidz yang beliau rintis. Sehingga untuk menjalin kedekatan tersebut salah satu diantara beberapa akhwat rumah tahfidz yang hadir membimbing semua peserta yang hadir untuk sama-sama mengulang sekaligus membenarkan tilawah qur’an dengan praktek tahsin tajwid secara bersama-sama.

Kemudian, barulah acara tersebut ditutup dengan berkumandangnya adzan zuhur. 
Oleh: Anis Marsella

Tidak ada komentar