Header Ads

MEMBUKA KESADARAN UMMAHAT UNTUK MENULIS


Hasil gambar untuk menulis



Muslimat Center Dewan Dakwah Islamiyah Cipayung adakan Pelatihan Jurnalistik bersama Hanibal Wijayanta produser eksekutiv ANTV pada Kamis (30/4) dengan mengusung tema “Membuka Kesadaran Ummahat Untuk Menulis”. Acara ini dihadiri para ummahat dan mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mohammad Natsir.

Pelatihan yang diadakan di Aula Sakinah Komplek Muslimat Center Dewan Dakwah Islamiyah Cipayung ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan terlebih dahulu diisi oleh ibu Rizki, salah satu peserta yang merupakan pengelola Muslimat Center.


Dalam penjelasannya, ibu yang suka mengisi halaman Suara Islam ini memaparkan tentang bagaimana membuat lead yang menarik dalam sebuah berita. Menurutnya, lead yang yang lebih menarik adalah lead kutipan karena ia tidak harus memenuhi unsur 5W+1H.
“Dalam membuat sebuah berita, buatlah judul yang memikat dan akhiri berita itu dengan sebuah ledakan,” jelas Bu Rizki. “Berita yang diangkat haruslah actual dan factual. Kemudian dalam pemilihan kata seorang jurnalis harus faham, kapan ia (dengan berita yang ia buat) merangkul, dan kapan ia harus memukul.” Lanjutnya.


Kemudian pelatihan dilanjutkan oleh pak Hanibal. Beliau memulai paparan materinya dengan menjelaskan betapa penting peran media massa dalam membangun opini publik.  Diantara peran media massa yang beliau jelaskan yakni, untuk membangun atau mempengaruhi kehidupan masyarakat, mempengaruhi tingkah laku suatu masyarakat, membuat masyarakat yang tadinya beradab menjadi tidak beradab, karena media mempunyai cangkupan wilayah yang sangat luas, bisa mencapai ratusan hingga ribuan orang.
Selanjutnya paparan produser eksekutiv ANTV ini semakin meluas. Mulai dari fungsi media massa, media-media massa yang ada di Indonesia, jenis-jenis media massa, jenis-jenis karya jurnalistik, dasar-dasar jurnalistik, bagaimana membuat sebuah berita, sumber-sumber berita, hingga tekhnik wawancara.
Pak Hanibal Wijayanta mengakhiri pelatihan ini dengan menugaskan para peserta untuk mewawancarai tempat-tempat strategis di sekitar Komplek Muslimat Center dan wilayah sekitar Cipayung. Kemudian setiap kelompok mempersentasikan hasil wawancara mereka dalam bentuk berita. Kemudian langsung mengoreksi dan memperbaiki berita-berita tersebut. Pada 14 Apr 2015 10:46, "Mahrun Nisak" <sulung05@gmail.com> menulis:

Tidak ada komentar