Header Ads

Strategi Efektif Merawat Istiqomah

 


Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Kampus Putri STID Mohammad Natsir adakan acara Mentoring Akbar yang menghadirkan seluruh anggota halaqoh dari semester VI dan VIII pada hari Kamis, 22/02/24 dengan bertempat di Aula Sakinah Komplek dan Pusdiklat Muslimat Center, Cipayung Jakarta Timur.  

Kegiatan ini dilaksanakan usai shalat ashar tepatnya pukul 16.00 WIB dan di akhir sesi ditutup dengan acara buka puasa bersama. Acara dipandu oleh moderator dan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Nur Hafizah, Mahasiswi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) semester VIII.

Selanjutnya, acara inti yaitu Mentoring Akbar yang dipandu langsung oleh manager BKA, Ustadz Musmardi Afit Badlisyah, S.Kom.I. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan apa itu definisi Mentoring, "Metoring jika diislamisasikan intinya adalah keistiqomahan, istiqomah sama dengan hidup, mati." Tegasnya.



Lebih lanjut beliau memaparkan hasil yang didapatkan ketika beristiqomah dalam segala hal, dan bagaimana merawat istiqomah itu sendiri.

"Pada intinya, jikalau antunna sudah dipilih oleh Allah di STID, maksimalkan kesempatan itu. Jangan mengeluh ingin ke kampus elit, tapi maksimalkan pada tugas dan posisi saat ini. Perlu ditanamkan dalam diri, jangan sampai perjuangan di awal menjadi sia-sia di akhir. Prinsipnya pelajari bagaimana kita memaafkan sesuatu yg tidak kita inginkan, sebagai kebahagiaan bahwa ada hikmah besar yang Allah titipkan di belakang itu," nasihat beliau kepada seluruh hadirin.

Selanjutnya beliau juga menampilkan Sinopsis dari Film Children of Heaven yang erat kaitannya dengan topik "istiqomah" yang sedang dibahas. Setelah video berakhir, beliau menyampaikan dua poin penting yang dapat diambil yakni; Jangan mengambil hak orang lain dan fokus pada target sendiri.

Di sesi akhir acara yaitu penutup berupa pengumuman yang disampaikan oleh Ustadzah Ririn Nuraini, S.Sos. terkait teknis kegiatan mentoring yang akan datang. Beliau memberikan lima ide teknis kegiatan mentoring dan mengajak para mahasisiwi untuk memilih teknis yang baik melalui situs mentimeter.com.

Tak berselang lama, adzan maghrib pun tiba dan seluruh peserta menikmati hidangan berbuka puasa yang telah disediakan.


Shofi/Marwah

Tidak ada komentar