Header Ads

𝐎𝐛𝐚𝐭 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐑𝐚𝐬𝐚 𝙁𝙪𝙩𝙪𝙧

Futur ialah rasa malas, enggan dan lamban dalam melakukan kebaikan yang sebelumnya seseorang itu rajin dan bersemangat dalam beribadah.

Iman yang ada didalam hati manusia kadang naik kadang turun, ketika kondisi turun hati seakan-akan terasa mati, tidak ada semangat untuk taat. Maka, dalam kondisi ini upayakan agar kita tidak sampai meninggalkan perkara wajib.

Sebaliknya ketika iman sedang naik, sehingga hati itu hidup terasa sempurna dan kita bersemangat memanfaatkan waktu  sebaik-baiknya untuk melakukan amalan wajib dan sunnah.

Adapun diantara penyebab futur ialah lemahnya iman dan ilmu syar'i, melakukan dosa dan bermaksiat, menyendiri (tidak bergabung dengan orang-orang shaleh), lemahnya ilmu, mencintai dunia, hilangnya keikhlasan dalam beramal dan tidak mempunyai tujuan yang jelas.

Syaikh Muhammad Shalih Al-Utsaimin Rahimahullah berkata "Setiap kali hatimu lalai dan terlarut dalam kehidupan dunia, maka keluarlah engkau menuju kuburan, dan renungkanlah tentang mereka-mereka ini (penghuni kubur).

Kemarin mereka sama sepertimu, mereka berada diatas bumi, mereka makan, minum, dan bersenang-senang, lalu kemana mereka pergi? Sekarang mereka tergadaikan dengan amalan mereka, tidak bermanfaat bagi mereka kecuali amalan mereka.

Seorang ulama tabi'in juga mengatakan "Hati itu kadang mati kadang normal, jika hati sedang mati maka paksa badan untuk tetap melaksanakan hal-hal wajib, dan jika hati sedang dalam keadaan normal maka gunakanlah untuk melakukan hal-hal yang dianjurkan.



Nesi/Marwah

Tidak ada komentar