Header Ads

MANFAAT TEMAN SHALIHAH


Begitu luas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, termasuk nikmat berteman dengan orang yang shalih. 

Banyak sekali manfaat berteman dengan orang yang shalihah, antara lain: dapat menambah keimanan kita kepada Allah, mengapa demikian? Karena dengan kita sering bergaul dengan orang yang shalih maka otomatis kebiasaan-kebiasaan yang orang tersebut lakukan menjadi kebiasaan kita. Seperti halnya shalat Dhuha, saat kita sedang bersama teman kita kemudian teman tersebut melaksanakan shalat Dhuha dan mengajak kita untuk melaksanakannya pula, dari sana sudah terlihat jelas manfaat berteman dengan orang yang shalih, yakni dapat membantu kita dalam bertaqwa kepada Allah.

Dalam sebuah hadis, Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan, “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.”
 (HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Dari hadist di atas, menerangkan bahwa seorang teman itu sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, dalam hadist lain juga disebutkan bahwa jika kita ingin mengetahui bagaimana sikap/akhlak seseorang maka lihatlah dengan siapa ia berteman.

Tidak hanya itu, berteman dengan orang yang shalih juga dapat memberikan manfaat di kehidupan sehari-hari kita, karena mereka akan senantiasa mendoakan kebaikan, memintakan ampunan dan senantiasa mengajak kita untuk beramar ma'ruf nahi Munkar

Santi//MARWAH

Tidak ada komentar