Header Ads

Festival Anak Shaleh Online Berskala Nasional






MARWAH.ID- Ahad, 11 April 2021, Kampus putri STID Mohammad Natsir kembali mengadakan acara tahunan yaitu Festival Anak Shaleh (FAS). FAS ini diikuti oleh TPA-TPA binaan mahasiswi STID Mohammad Natsir. Dalam kegiatan FAS tahun ini STID Mohammad Natsir berinovasi dalam melaksanakannya secara online berskala nasional.

Adapun jumlah TPA yang mengikuti FAS Online ini adalah 44 TPA di 12 Provinsi di Indonesia. FAS tahun ini bertemakan "Memanggil Generasi Rabbani di Masa Pandemi" yang bertujuan untuk mempererat tali Ukhuwah Islamiyyah anak-anak, membangun karakter anak dan mengumpulkan mereka dalam satu wadah untuk bisa berekspresi dan mengembangkan bakatnya, dan demi terciptanya generasi yang bermartabat bagi Agama, Bangsa dan Negara. 

FAS Online 2021 ini, menyelenggarakan beberapa jenis lomba dengan 3 kategori yang berbeda yakni:

• Kategori Sigor (TK-2 SD) 

- Mewarnai

- Do'a-do'a Harian


• Kategori Wushto (3-6 SD) 

- Pildacil

- Tilawah

- Adzan

- Puisi

- Do'a-do'a Harian


• Kategori Kibar

- Tilawah

- Pidato

- Tahfidz, &

- Kaligrafi

Kegiatan FAS ini di tutup melalui Zoom Meeting yang di hadiri oleh 54 Participant yang terdiri dari, Mudir PESMI STID Mohammad Natsir, Dosen Pembimbing, Para Juri, Tamu Undangan, Para Panitia dan seluruh TPA binaan mahasiswi. 

Dalam penutupan tersebut, mudir PESMI memberikan sambutan sekaligus menutup kegiatan FAS Online tahun ini. Dan beliau menyampaikan bahwa "Anak shaleh adalah anak yang bisa menyelamatkan kedua orang tuanya dari api neraka". Sebagaimana hadits Nabi salallahu 'alaihi wa sallam:

 أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثَةِ: إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim). 

(Pipit Aisyah/Marwah)

Tidak ada komentar