Header Ads

Jadilah Penolong orang lain, Allah akan Jadi Penolongmu

 Jadilah penolong orang lain, Allah akan jadi penolongmu




Membantu orang lain tidak selalu dengan memberikan harta yang banyak.  Tidak juga selalu dengan perbuatan heroic yang hebat. Hal-hal kecil sekalipun, bisa dilakukan untuk membantu orang lain. 

Bagi kita mungkin terlihat kecil. Namun bagi mereka, mungkin sangat berarti. Misalknya, sering sekali dari kita, jika supir angkot menunggu untuk mendapatkan penumpang, kita selalu ngedumel, karena gak sabaran ingin berangkat, coba jika kita mempersilahkan dengan senang hati kepada supir angkot untuk menunggu dulu penumpang lain, dan tidak menuntut mereka untuk buru-buru jalan.

Siapa tau dengan mengorbankan lima menit waktu kita, lalu ada segerpmbalan mahasiswa atau anak-anak sekolah yang tiba-tiba datang untuk naik angkot yang kita tumpangi. Waktu lima menit yang kita relakan mungkin akan mendatangkan puluh ribuan uang yang sangat dibutuhkan bagi sopir angkot tersebut, untuk membeli susu buat ananya.

Bayangkan jika kita menuntut agar sopir angkot bergegas jalan, hanya karena kita ingin buru-buru sampai pada tujuan, mungkin hari ini sopir tersebut gagal membelikan susu buat anaknya. Sederhana bukan? Namun dampaknya akan sangat besar bagi mereka yang membutuhkan. Hal itupun merupakan bentuk sebuah pertolongan. 

Misalnya lagi ketika kita melihat anak-anak pemulung, kita beri mereka makan atau kita berikan roti saja itu sangat berharga bagi mereka yang sedang berjuang membantu ekonomi orang tuanya. Atau kita berika sedikit uang yang kita punya, mereka akan senang. Atau ketika kita melihat seseorang kesusahan dalam memegang barang, kita bantu untuk mengangkut barangnya, mereka akan senang dengan bantuan kita.

In syaa Allah perbuatan baik yang dilakukan atas dasar keikhlasan dan ketulusan akan berbekas dihati orang-orang yang kita tolong, dan tentunya juga dimata sang maha penolong, yaitu Allah. Jangan berhenti menolong sesama, sesederhana apapun itu, maka Allah akan menjadi penolongmu dalam bentuk yang terkadang tidak pernah kita pikirkan. 

“sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya” (HR. Muslim) 

(Syifaunnisa/MARWAH) 

Tidak ada komentar