Header Ads

Mulia di Malam Lailatul Qodar

Mulia di Malam Lailatul Qodar


Pada bulan ramdhan ini, terdapat subuah malam yang penuh dengan kemuliaan, yakni malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar merupakan masa dimana seseorang muslim berkesempatan mendapatkan keberkahan dan pahala bernilai seribu bulan. Pada saat itu, siapa yang berdoa dan meminta pada Allah ﷻ akan dikabulkan permintaanya. Tentunya dengan bersungguh-sungguh.

Malam Lailatul Qadar juga dipercaya sebagian ulama  sebagai waktu pertama kali Al-Qur’an diturunkan. Dalam Al-Qur’an sendiri, lailatur Qadar digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Itu artinya, Lailatul Qadar merupakan satu malam yang penting yang hanya terjadi pada bulan Ramadhan.

Menurut sebagian besar ulama, malam Lailatul Qadar biasanya jatuh dimalam ganjil 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan malam Lilalatul Qadar datang di malam malam genap.

Pada sebuah Hadist Riwayat Imam Muslim dijelaskan tanda-tanda adanya malam Lailatur Qadar.

“malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar kesegala penjuru.” (HR. Imam Muslim, 762).

Lailatul Qadar merupakan malam penuh kemulian. Pada malam itu, para malaikat akan turun ke bumi untuk memberikan syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan malam Lailatul Qadar. Allah ﷻ juga akan melapangkan rezeki bagi mereka yang senantiasa meminta dengan tulus serta dikehendakinya.

Di malam Lilatul Qadar, segala amal baik akan diberikan pahala berlipat ganda. Malam Lailatul Qadar tidak bisa disamakan dengan malam-malam lainya. Imam Mujahid, Qotadah serta ulama besar lainya  berpendapat, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang begitu mulia dan utama.

Adapun tanda-tanda malam Lailatul Qadar adalah:
Peratam, Esok hari, matahari akan terbit dalam keadaan teduh, jernih seperti tidak ada sinar.

Kedua, Sinar matahari pagi tidak begitu cerah namun teduh serta menenangkan. 

ketiga, Udara tidak panas maupun dingin, tidak berawan dan tidak badai di malam Lailatul Qadar. 

Keempat, Keadaan menjadi sangat tenang, nyaman, dan umat islam akan merasakan kenikmatan tersendiri saat beribadah dengan sungguh- sungguh. Hal ini dikarnakan malaikat turun ke bumi. 

Adapun amalan-amalan yang dapat dilakukan pada malam Lailatul Qadar.

Pertama, Melakukan I’tikaf

Kedua, Memperbanyak dzikir dan memperbanyak membaca Al-Qur’an . 

Ketiga, Perbanyak doa “ Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”

Keempat, Menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan Qiyamul Laill.

Rasulullah ﷺ bersabda : “barang siapa melaksanakan shalat pada Malam Lailatul Qadar karna iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari 1901) 

Wallahu a’alam semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang berbahagia dan mulia di dunia maupun akhirat. Aamin


(Nella/MARWAH) 

Tidak ada komentar