Header Ads



*KULIAH IFTITAH SEMESTER GANJIL T.A 2019/2020*

Senin (2/09), agenda rutin yang diadakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Da'wah Mohammad Natsir  pada setiap awal semester baru berlangsung di Aula Sakinah, Komplek Muslimat Center Cipayung, Jakarta Timur. Pada Kuliah Perdana atau biasa disebut Kuliah Iftitah kali ini diisi oleh Dra. Andi Nurul Jannah, Lc. yang merupakan Ketua Umum Muslimat Dewan Dakwah Pusat.

Pada kesempatan kali ini, beliau membawakan sebuah tema yang berjudul “Peranan Da'iyah dalam Gerakan Da'wah". Diawal pembicaraan, beliau menyampaikan mengenai pengertian seorang da'I, da'wah, dan juga ruang lingkupnya. Tak lupa ia pun menyertainya dengan dalil-dalil dari Al-Quran dan Sunnah.

Di pertengahan acara, beliau pun menceritakan mengenai pengalamannya dalam menuntut ilmu, bagaimana ia bisa seperti sekarang, semua itu ia dapatkan karena izin Allah dan juga kerja kerasnya. Ia menyampaikan pengalamannya bisa sampai bergabung dengan keluarga Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia.

Selain itu, beliau juga memaparkan mengenai cobaan bagi seorang da'i. Ia berkata, “Mengajak orang kepada kebaikan itu lebih mudah daripada mencegah orang dari kemungkaran”. Ia juga menambahkan, “Rasulullah pernah berkata: Hancurnya suatu umat ketika Nabinya memerintahkan sesuatu, namun tidak ada yang melaksanakannya”, tutur beliau.

Hal ini dimaksudkan bahwa setiap da'i pasti akan menghadapi suatu cobaan, entah sulit maupun mudah. Maka dari itu hendaklah bagi seorang da’i untuk bersabar dan juga membekali ilmu dengan baik. Selain itu juga mempraktikkan apa yang disampaikan kepada mad'unya. “Perbuatan itu lebih sukses daripada ucapan saja", ucap beliau.

Di akhir acara beliau pun membuka sesi tanya jawab. “Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini", tutur beliau sebagai motivasi penutup dalam acara yang berlansung hingga siang hari tersebut. (Azmi/MARWAH)

Tidak ada komentar