Header Ads

Kiat-kiat Dalam Mengatasi Galau

Kiat-kiat dalam mengatasi galau



Galau adalah kata yang tidak asing lagi bagi kita semua. Setiap individu pernah merasakan galau, karena hidup ini tidak selalu suka namun adakalanya dalam duka. Dalam artikel ini penulis akan sedikit menjabarkan kiat-kiat dalam mengatasi galau atau dalam bahasa arabnya yakni futuur. Karena, penting bagi kita semua untuk mengatasi rasa galau yang kita hadapi agar tidak berlebihan pada rasa galau tersebut.



Pertama, jauhi perbuatan maksiat dan keburukan. Baik yang besar maupun yang kecil. Karena perbuatan maksiat dan keburukan itu ibarat api yang membakar hati serta akan mengundang kemarahan dan murka Allah.



Kedua, hendaknya kita tekun dalam menjalani kewajiban harian kita. Misalnya, zikir, sholat, berdo’a, dan beristighfar, tidak tertinggal juga ibadah-ibadah sunnah, serta tilawah qur’an yang dapat membuat hati tenang dan damai. 


Demikian semua itu akan menumbuhkan keimanan yang baik bagi diri kita.

Ketiga. Kitapun harus mampu menyadari bentuk-bentuk kendala yang kita hadapi. Dengan demikian, kita akan memiliki bekal serta persiapan yang baik saat kendala-kendala tersebut benar-benar menghadang kita. Kemudian juga dengan menyadarinya kita memiliki kesempatan untuk mengantisipasinya.



Keempat, mengingat kematian dan kejadian-kejadian yang akan terjadi selanjutnya juga bisa dijadikan kiat dalam mengatasi galau. Karena hal tersebutlah yang akan mendorong diri kita untuk bangkit, tidak menyerah dan juga tidak merasa putus asa. Kemudian kitapun akan merasa tidak akan mau melalaikan waktu sehingga kita bisa lebih bersemangat lagi dalam menjalankan hidup.



Kelima, hendaknya kita sebagai umat muslim sering-sering menghadiri kajian-kajian Islami. Karena ilmu adalah penghidup hati. Jika seseorang mendengarkan kata-kata dari orang alim yang shadiq dan mukhlis, maka hal itu bisa menjadi penyubur semangat bagi orang itu sendiri.


Demikianlah beberapa kiat-kiat mengatasi galau yang bisa penulis jabarkan, semoga dengan artikel yang sederhana ini bisa menjadi manfaat bagi pembaca. Dengan harapan kita semua bisa terbebas dari rasa galau, sehingga kita bisa lebih khusyuk dalam beribadah kepada Allah ﷻ. (Dinda A)

Tidak ada komentar