Header Ads


Undang-Udang yang Sangat Sempurna



Allah ﷻ telah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya penciptaan, lengkap dengan segala apa yang melekat pada dirinya, baik sifatnya, karakteristiknya, kelemahannya maupun kelebihannya. Namun, bukan hanya itu, Allah menciptakan manusia bukan sekedar menciptakan saja, tapi juga dengan lengkap Allah ciptakan manusia dengan segala aturannya, yaitu Islam. Islam adalah peraturan hidup yang sesungguhnya bagi manusia, tak ada lagi yang harus seorang manusia cari selain ini.
Segala sesuatu yang diciptakan di Langit maupun di Bumi tentu dengan segala aturan dan tujuannya. Allah menciptakan matahari, bulan, ,Bumi beserta isinya, bintang-bintang, galaksi-galaksi, jin, malaikat, pun manusia semua nya perlu tunduk pada aturan yang telah Allah ciptakan.
Seorang Ilmuan Alexander Graham Bell, ia menciptakan telepon tentu bukan sekedar untuk main-main, tapi juga ada tujuan yang jelas juga peraturan pemakaiannya agar tidak semena-mena memakainya. Seperti misalkan tidak boleh dibanting, tidak boleh dimasukan ke dalam air, ataupun yang lainnya.
Sekali lagi, segala sesuatu yang diciptakan perlulah mengikuti aturan yang telah diciptakan pula, dan tentunya harus dengan peraturan yang sesuai. Peraturan pemakaian computer, jelas berbeda dengan peraturan mesin cuci, peraturan televisipun berbeda dengan peraturan telepon, bila seandainya kita menggunkan peraturan handphone untuk peraturan di mesin cuci, maka yang terjadi adalah kerusakan pada benda tersebut. Oleh karena itu, semuanya harus menggunakan peraturan yang sesuai dengan apa yang telah dibuat. Tak terkecuali manusia, Allah telah menjadikan Islam sebagai aturan yang sempurna bagi seluruh manusia, karena hanyalah Islam yang sesuai dengan fitrah manusia. 
Islam adalah undang-udang  yang begitu sempuna. Tak ada kurang, tak ada cacat, dan tak ada satupun aspek dalam kehidupan manusia yang tidak diatur oleh Islam. Dari mulai bangun tidur, sampai tidur kembali, kapanpun dan dimanapun, semuanya telah lengkap di dalam Islam. Maka, sebagai seorang Muslim, tentu tak ada lagi peraturan yang harus kita pakai selain peraturan Islam. Jika saja seorang Muslim menggunakan aturan selain Islam untuk mengatur kehidupannya, maka yang terjadi adalah seperti mesin cuci yang menggunakan peraturan handphone tadi, akan rusak. Bila telah ada peraturan yang sempurna dan sesuai dengan fitrah kita, untuk apa kita cari peraturan yang lain?

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً....
Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara menyeluruh (Qs. Al-Baqoroh: 208)
(Yusi Surya Rahayu)

Tidak ada komentar