Header Ads

Karena Dakwah Tak Sekedar Ceramah


Dalam rangka meningkatkan mutu dakwah khususnya di sosial media, Pemuda Dewan Dakwah DKI menggelar pelatihan Desain Visual dengan tema “Dakwah Media Untuk Syi’ar Agama,” bertepatan pada Ahad (11/2/2018).

Acara yang berlangsung di gedung Menara Dakwah Kramat Raya ini, menghadirkan Bang Amal Jamaluddin sebagai pembicara. Dengan 40 peserta yang telah melalui tahap seleksi, setiap masing-masing mereka berasal dari jenis dan latar belakang berbeda.

Dalam pemaparannya, pemateri yang akrab disapa Bang Amal ini menyampaikan bahwa desain dakwah tidak akan laku jika hasilnya tumpul. Karena mendesain dakwah layaknya mengejar bola, butuh perjuangan luar biasa untuk membuat orang tertarik.

Disamping itu, kita harus paham makna dakwah yaitu mengajak manusia kepada Jalan Allah. sebagaimana terangkum dalam Al Qur’an, An-Nahl 125. Ujar ketua MDC (Muslim Designer Comunity) Jabodetabek ini.


Kemudian Ia menambahkan bagaimana trik-trik agar pintar mendesain. Diantara cara yang harus dipahami adalah tahu fondasi dasar desain, kumpulkan karya-karya keren dan tiru, eksplore bakat, ATM (Amati, Tiru dan Modifikikasi), join dan aktif dalam komunitas, open mind (menerima saran dan kritik), mendalami proses, dan perbanyak teman yang ahli dalam dunia desain.

Selanjutnya, setiap peserta diminta untuk membuat karya desain berdasarkan keahlian yang dimilki. Dipandu juga dengan video tutorial dan contoh-contoh karyanya. Selain itu, ia juga memantau proses yang dilakukan setiap peserta, sehingga ketika terjadi permasalahan dapat segera dikomunikasikan.

Selaku Founder Foks Indonesia juga Owner Miqro Design & Kufi Studio, ia berpesan kepada seluruh peserta agar setiap desain yang disebar di sosial media harus ditandai logo atau tanda kepemilikan. Karena kita pasti tidak menginginkan orang lain menjiplak bahkan mengambil alih hasil jerih payah kita. Pesannya di hadapan seluruh peserta pelatihan. [Anis M.s]


 






   

2 komentar:

  1. MasyaAllah.. Jazakallah untuk beritanya min, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. masya allah.. keren abis.. jazzakallah khairan katsiraa bung amal atas ilmu nya..

    BalasHapus