Header Ads

Tentang Taubatnya Imam Abul Hasan Al-Asy’ary

Oleh: anis marsella



Siapakah Abul hasan Al-Asy ’ary??????
Beliau adalah Ali bin Isma’il bin Ishaq bin Salim bin Isma’il bin ‘Abdullah bin Musa bin Abi Burdah bin Abu Musa Al-Asy’ary. Lahir pada tahun 260 H.
Berikut perjalanan hidup beliau..
Imam Abul hasan  Al-asy ’ary datang ke kota Baghdad dan mengambil hadits dari al-hafidz Zakariya bin Yahya As-Saajy (salah seorang imam hadits dan fiqih ). beliau juga mengambil ilmu kalam dari gurunya yaitu suami ibunya yakni Abi Ali Al-Juba’I, salah seorang tokoh mu’tazilah.

Setelah beliau mendalami ilmu kalam dan mencapai puncaknya, beliau mengajukan beberapa pertanyaan kepada gurunya, namun beliau tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan sehingga membuat beliau bingung?. Sehingga selama beberapa malam, beliau merasa gelisah dengan aqidah yang sedang beliau pegang, lantas beliau berdiri dan melaksanakan sholat dua rakaat. Lalu berdo’a kemudian tidur. didalam tidurnya beliau bertemu Rasulullah saw. Dan Rasulullah bersabda didalam mimpinya ” peganglah sunnahku..!! “ lalu beliau terbangun. setelah itu beliau membandingakn  masalah-masalah ilmu kalam dengan Al-qur’an dan Hadits. Lalu beliau berkesimpulan untuk berpegang pada Al-qur’an dan Hadits serta membuang ilmu-ilmu sebelumnya.
Pernah suatu ketika  terjadi perdebatan Antara beliau dengan gurunya (Al-juba’i), yang hasilnya mematahkan kekuatan semua pelaku bid’ah dan tukang debat. Beliau mengajukan 3 buah pertanyaan kepada gurunya tentang 3 orang bersaudara.
1.    seorang mu’min baik dan bertaqwa.
2.    Kafir baik dan jahat.
3.    Masih kecil. 
Kemudian ketiganya mati. bagaimana keadaan mereka nanti ?? Al-Juba’I menjawab : “adapun yang mu’min berada di tempat yang tinggi (syurga), sedang yang kedua di tempat yang paling rendah (neraka), dan yang masih kecil termasuk orang yang selamat (dari neraka).
Al-asy ‘ary bertanya lagi “ jika si kecil akan pergi ke tempat saudaranya yang mu’min apakah ia akan di beri izin? ”.Al-Juba’I menjawab “ tidak boleh! karena akan dikatakan kepadanya bahwa saudaramu dapat mencapai derajat ini karena ia beramal, sementara kamu tidak mempunyai amal ketaatan. Al-asy ‘ary betanya lagi ” Jika sikecil  menjawab:” kesalahan ini tidak terletak padaku, karena Allah tidak membiarkan usiaku panjang dan tidak mebiarkan aku melaksanakan ketaaatan”. Al-juba’I berkata: “Allah SWT. Akan berkata ” aku mengetahui jika usiamu panjang, kamu akan menjadi orang yang durhaka dan berarti kamu akan mendapat azab yang pedih. maka hal itu dilakukan karena kemaslahatanmu. Al-asy ‘ary berkata: ” jika saudara yang kedua berkata: ”wahai Allah semesta alam, sebagaimana engkau mengetahui keadaanya, begitu juga engkau mengetahui keadaanku, lantas kenapa engkau tidak memerhatikan kemaslahatanku?. Mendengar hal itu Al-juma’I pun terdiam.”

Abul hasan al-asy ’ary adalah seorang yang bermazhab mu’tazilah dan beliau memegang mazhab ini selama 40 tahun. kemudian beliau menghilang selama 15 hari, kemudian tiba-tiba muncul di masjid jami’ kota basrah dan naik ke atas mimbar setelah shalat jum’at seraya berkata: ” para hadirin sekalian,  aku menghilang selama 15 hari karena ada dalili-dalil yag bertentangan dan sama kuat, dan aku tidak dapat  membedakan mana yang hak dan mana yang batil, dan sebaliknya. Dulu aku berkeyakinan bahwa al-qur’an adalah makhluk, dan diakhirat kelak makhluk tidak dapat melihat allah dan para hamba menciftakan perbuatannya sendiri. Sekarang aku bertaubat dari aliran mu’tazilah dan aku akan membantah aliran mu’tazilah, dan aku melepaskan semua aqidah yang aku pegang dahulu sebagaimana aku melepas bajuku ini”.

Abul hasan Al-Asy’ari bertaubat melalui tiga tahapan :
  • *      Tahapan pertama: madzhab mu’tazilah yang telah beliau tinggalkan scara total.
  • *      Tahapan kedua: penetapan sifat aqliyah yang tujuh :hayaat, ilmu, qudrah, iradah, mendengar, melihat, berkata-kata, dan mentakwil khabar tentang wajah, dua tangan, kaki, betis,dan yang semisalnya.
  • *      Tahapan ketiga: menetapkan semua sifat-sifat allah dengan tidak menanyakan tentang kaifiyahnya, tidak menyerupakannya dengan makhluk, dan memebiarkannya menurut kaidah- kaidah manhaj salaf.

Beliau wafat pada tahun 324 H. dan sebelum wafat beliau adalah seorang pengikut manhaj salaf sejati. dan diantara buku-buku karya beliau adalah al-ibanah ‘an ushuulid diyaanah, al-maqaalaat al-islaamiyyin, al-luma’, tafsir al-mukhtazin dan al-fushul fir raad  ‘alaa al-mulhidin wal al- khaarijin minal millah.

BARAKALLAHU FIIK[I&A1] ……….

Dikutip dari:  Al- ibanah buku putih imam al-asy’ ary  yang ditulis oleh Imam abul hasan al-asy’ ary sendiri……..!!!






Tidak ada komentar