Header Ads

Proklamasi Kemerdekaan Yahudi
Perbandingan Peta Palestina dai Dulu hingga Sekarang
Palestina Dulu hingga Sekarang
 

Hari itu, menjelang senja, 14 Mei 1948, setelah merancang semua langkah secara internasional melalui PBB, menyiapkan milisi bersenjata, membungkam para pemimpin negara Arab mematikan gerakan perlawanan dan membunuh para pejuang, mengusir rakyat Palestina dan menguasai tanah kaum Muslimin, Israel memproklamirkan kemerdekaannya!
Zionis Israel dengan dibantu militer Inggris di lapangan dan lobby Amerika di tingkat diplomatik serta hubungan internasional, cikal bakal negara Israel mengalahkan pasukan Arab dan menguasai 78% tanah Palestina.
Pada awalnya, rencana partisi hanya akan memberikan Zionis dan Yahudi sebagian wilayah Negev, garis pantai dan sebelah Timur Galilee. Tapi David Ben Gurion melebarkan wilayah dalam proposalnya sampai seluruh wilayah Galilee, garis pantai bahkan sampai ke Jordan dan berniat menguasai Jerusalem sebagai ibukota Israel.
Meski wilayah yang dirampas oleh Yahudi kurang lebih 78% dari wilayah Palestina, sebenarnya rencana partisi hanya memberikan mandat kepada Zionis 56% wilayah Palestina dalam sidang Majelis Umum PBB. Sementara 42% lainnya diberikan kepada warga Arab Palestina dan sisanya, 2% yang termasuk kota tua Jerusalem masuk dalam pengawasan internasional. Dan sejak itu, tanah Palestina semakin dikuasai hingga kini, dan rakyat Palestina kian terlunta-lunta. Dan semua itu terjadi pada pasca Perang Dunia II, berkat dukungan Inggris dan Amerika.
Sumber: Herry Nurdy 

Tidak ada komentar